Trivial trick: Temukan Link Download di Page Link Generator

Rinku Jōkā!!!
Ok, kali ini saya benar-benar posting hal yang tidak penting. Loh, memang ada yang penting di blog ini? Sebenarnya sudah lama saya sering memakai trik ini kalau mau download sesuatu dan kebetulan harus berhadapan dengan halaman "pengantar" ke link download yang menyebalkan. Dengan sedikit pengetahuan soal HTML dan javascript, trik ini sebenarnya bukanlah trik karena sangat-sangat mudah dan obvious bagi yang sering bergulat dengan komputer. Artikel ini saya beri label 'other' karena tidak masuk ke kategori manapun dengan yang biasanya dibahas.

Wait, apa itu page link generator? Page link generator itu seperti namanya adalah halaman web yang tugasnya memberikan kita link ke website (biasanya link download) yang ingin dituju. Kenapa harus repot-repot pakai ginian? ADS...nuff said.

Contoh-contoh website link generator
Tapi page link generator yang kita bahas disini bukan page link generator seperti gambar di atas, cuma page link generator yang saya masih heran filosifinya apa WTF, ini kok semacam blog pribadi orang jadi page link generator gini. Yah, kalo mau dibilang link generator juga bukan sih, karena page-page seperti ini cuma sembunyikan link beberapa detik trus di kasih memberikan link ke page link generator yang sebenarnya.

Yang kayak gini loh maksudnya
Terkadang tulisan "double click to open link" nya tidak kelihatan dan biasanya juga, setelah pas di klik malah ke halaman ADS lainnya yang tidak jelas dan masih banyak masalah lagi.

Ok, tadi saya bilang page seperti ini sebenarnya cuma "menyembunyikan" dan memunculkan link yang kita cari. Yup, dengan memanfaatkan javascript. Kita tahu javascript adalah side client scripting, jadinya sebenarnya apa yang disembunyikan javascript sudah ada di tangan kita Tapi kalo AJAX mah urusan lain.

Ok, singkatnya sebenarnya link itu sudah ada di halaman website yang sudah kita "download" melalui browser hanya saja tidak di tampilkan. Solusinya, yah kita telusuri saja source code halamannya dan cari link yang kita inginkan itu. So, klik kanan > view page source.


Woh, masa kita mau cari linknya dengan pelototin barisnya satu per satu?!?
Relax gaes, Ctrl + F ada untuk membantu kita (kalau tidak tahu, ini gunanya untuk searching keyword tertentu pada page). Ok, tinggal tekan Ctrl (tahan) F dan cari keyword yang di inginkan. Misalkan link yang saya cari adalah ke halaman solidfiles, maka ketikkan solidfiles.

Gotcha
Tinggal copy link yang ada di antara tanda kutip itu ke address bar dan enter and mission completed.

Ok, segitu saja postingan kali ini. Kali ini tidak membahas programming atau hal-hal keilmua lainnya, hanya trivial tips for trivial things. Sekian.

Komentar