Studi Kasus Game Granblue Fantasy: Berapa Persen Kemungkinan Kamu Dapat SSR dari gacha saat legfest?

Rayleigh Scattering

Kali ini postingan yang lain dari yang lain. Ya, kita akan membahas salah satu game smartphone populer di kalangan para weeb dan belum lama ini mulai merilis animenya. Berhubungan game ini bisa dimainkan di browser, saya jadi ikut memainkannya. Kuakui dari banyaknya game yang kumainkan, game ini cukup bertahan lama. Mungkin karena kemudahan aksesnya hanya dengan melalui browser dan cocok buat killing time dikala bosan (Beberapa game lain yang kumainkan sudah jarang kumainkan lagi karena butuh 'dedikasi' buat mainnya dan saya tidak punya banyak waktu lagi seperti dulu).

Salah satu yang menarik dari game ini adalah fitur gacha. Jadi, tidak seperti game yang biasanya kalau ingin beli suatu item maka langsung membelinya dengan harga sesuai item itu, sistem gacha ini mengharuskan kita membeli/menarik gacha yang mana isi gacha ini adalah item acak. Ya, ini adalah game yang mengharuskan kita punya faktor luck yang cukup. Meskipun begitu, fitur gacha ini tidak original dari game ini, beberapa game sejenis ini atau yang lainnya (ex: yugioh) punya fitur yang sama juga. Pada game ini, item-item dikelompokkan menjadi beberapa jenis menurut kelangkaannya, yaitu: normal, rare, SR, SSR. Tentu saja, item-item terbaik (hampir) selalu dari kalangan SSR. Pada game ini, persentase kemungkinan kita akan mendapat suatu item rare/SR/SSR tercantum di gamenya saat ingin menarik legend gacha (rare: 85%, SR: 12%, SSR: 3%). Pada suatu hari spesial (legend festival atau legfest yang biasanya diadakan pada akhir bulan), persentase mendapat item SSR 2x lipat dari hari biasanya yaitu 6%. Inilah yang akan kita bahas kali ini.

Membahas tentang 'berapa persen kemungkinan' tentu saja terlebih dahulu kita harus sedikit mengupas tentang teori kemungkinan (probability theory). Total dari persentase kemungkinan-kemungkinan yang akan muncul dalam probability theory jika dijumlahkan hasilnya adalah 100%. Contoh kasus, ketika kita melemparkan koin, berapa persen kamu akan mendapat hasil kepala? Tentu saja 50%, karena kemungkinan lainnya juga cuma 1 (yaitu ekor). Ketika kita melempar dadu, berapa persen kita akan mendapat hasil 6? Tentu saja 16.66%, dan ini tersebar merata untuk kemungkinan 5 angka lainnya pada dadu. Akan tetapi, ketika ditanya berapa persen kemungkinan kita akan mendapat hasil angka genap maka kemungkinannya adalah 50% (16.66% x 3). Dari contoh-contoh ini, kita bisa menyimpulkan bahwa probability theory adalah tentang distribusi kemungkinan yang akan muncul. Itulah kenapa, teori himpunan sangat terpakai dalam probability theory.

Kasus yang sedikit lebih kompleks, jika kita melemparkan koin 2x, berapa persen kemungkinan dalam lemparan itu kita akan mendapatkan hasil kepala? Hanya dengan menggunakan intuisi kita, tentu saja kemungkinannya pasti diatas 50%. Sebelumnya sudah dikatakan bahwa probability theory adalah tentang distribusi kemungkinan-kemungkinan yang akan muncul, untuk itu mari kita petakan kemungkinan dari kasus ini.

Lemparan pertama: kepala / ekor
Lemparan kedua: kepala-ekor / kepala-kepala / ekor-kepala / ekor-ekor

Kita lihat disini, jenis-jenis kemungkinan yang akan keluar dari yang hanya 2 kemungkinan menjadi 4 kemungkinan. Dari sini kita dapatkan bahwa, anggap banyaknya percobaan adalah n dan banyaknya kemungkinan yang ada pada percobaan pertama adalah X, maka banyaknya kemungkinan bisa dirumuskan menjadi Xn. Pada kasus ini, kita mencari kejadian dimana ada kejadian 'kepala', yang mana 3 dari 4 kemungkinan tersebut ada kepala. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa kemungkinan munculnya kepala pada lemparan koin 2x adalah 75%.

Bagaimana jika kemungkinan yang akan keluar sangat banyak? Tentu saja memetakan seperti ini akan sangat merepotkan. Untuk itu kita akan melabeli semua kemungkinan yang akan keluar. Dalam kasus kedua tadi, kita bisa melabeli kemungkinan yang keluar yaitu: 'keluar kepala' atau 'tidak keluar kepala sama sekali' (dengan total persentase kemungkinan jika keduanya dijumlahkan adalah 100%). Pada percobaan pertama yang terlabel 'tidak keluar kepala sama sekali' ada 1 kemungkinan dari 2 kemungkinan yang akan keluar (50% atau 0.5). Sehingga, jika ingin menghitung berapa kemungkinan akan keluar kepala bisa dengan

1 - (0.5)1 = 0.5

Dan jika ingin menghitung untuk 2x lemparan bisa dengan

1 - (0.5)2 = 0.75

Mudah dan dengan basic inilah kita akan menghitung kasus yang sesungguhnya. Berapa persen kemungkinan dapat SSR dari gacha pada saat legend festival. Ok, asumsi crystal kita cukup untuk narik gacha 10x atau narik sekali dari 10-part draw (3000 crystal). Kemungkinan kita tidak akan dapat ssr dalam sekali tarik adalah 94%. Maka, kemungkinan kita akan dapat SSR dengan modal 3000 crystal ini adalah

1 - (94/100)10 = 0.46138488590510063

wew, hampir mendekati 50%. Bandingkan pada hari biasa, maka persentasenya adalah

1 - (97/100)10 = 0.2625758731050719

Turun drastis. Pada saat legfest, biasanya tabungan crystal saya ada sekitar 9000 (30 kali narik), jadi kemungkinannya adalah

1 - (94/100)30 = 0.8437443938333354

Bandingkan lagi dengan hari biasa, maka

1 - (97/100)30 = 0.5989929314568425

Hanya sekitar 60%, bedanya cukup jauh. Itu hanya untuk 1 item SSR, bagaimana dengan kemungkinan dapat 2 SSR? Pada setiap tarikan gacha, kita hanya bisa mendapatkan 1 item saja. Semakin banyak percobaan maka kemungkinan keluarnya semakin besar, sehingga untuk kemungkinan item SSR kedua sangat di tentukan oleh kapan keluarnya SSR pertama. Perhitungannya lebih rumit dari ini dan kita tidak akan membahasnya kali ini, mungkin lain kali.

pada akhirnya, dari asumsi-asumsi yang kita dapatkan pada keterangan yang tertera digamenya tentang chance SSR dan perhitungan ini, untuk itu kita bisa menyimpulkan bahwa menarik gacha saat legfest itu jauh lebih menguntung daripada pada saat hari biasa. Ya, kesimpulan yang sudah sangat jelas tapi lebih di perkuat dengan perhitungan kita kali ini tentang bagaimana jauhnya presentase dapat SSR saat legfetst dengan hari biasa dan ya, saya adalah golongan player yang narik hanya pada legfest and legfest is not a lie, sekian.

Ampun kk, masih tjupu


referensi:
Pengetahuan sekolah dasar dengan sedikit tambahan

Komentar