Konversi Otomatis Data Sataid (z) ke NetCDF (nc) dengan Shell Script Wrapper


Untuk mengonversi data sataid (z) ke netcdf (nc) bisa menggunakan script seperti di bawah ini.

Copyright script tertera. Masalah sering terjadi adalah data yang ingin dikonversi biasanya sangat banyak. Beberapa kasus yang saya temui harus mengonversi 1000+ data z. Konversi bisa memakan waktu kira-kira 10-20 detik, ini waktu yang tidak lama jika hanya mengonversi beberapa data saja yang bisa di hitung dengan jari. Kalau ingin mengonversi 1000+ data seperti yang saya temui tentu ini menjadi sangat tidak praktis. Untuk itu, bagi para user linux seperti saya bisa memanfaatkan script shell untuk secara otomatis langsung mengonversi data selanjutnya yang ingin di konversi sehingga kita sebagai user hanya menjalankan perintah di terminal sekali saja, jadi kita tidak perlu terus memantau komputer kita.

Yang perlu kita lakukan sebelumnya adalah:
- Mengumpulkan semua file z yang ingin dikonversi ke 1 direktori/folder.
- Simpan script di atas tadi dengan nama sataid2nc.py di folder yang sama dengan file z yang dikumpulkan.
- Buat script shell dengan nama sataid2ncwrapper.sh (bisa dengan nama lain) dan simpan di folder yang sama juga. Isi dari script shell tersebut adalah sebagai berikut:


Lalu untuk menjalankannya, cukup dengan perintah

Pastikan permission untuk file sataid2ncwrapper.sh dan sataid2nc.py bagi user yang mengaksesnya ada izin execute. Jika tidak ada, maka perintah yang dijalankan akan muncul error permission. Untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah dengan mengganti permission yang ada pada file itu. Caranya:

Dan voila, semua file z dalam folder tersebut akan muncul versi nc darinya. Lama waktunya tentu tidak instan tapi akumulasi dari banyaknya file kalikan dengan lama konversi 1 file, tapi setidaknya ini lebih praktis daripada harus memantau layar komputer dan mengetikkan perintah sataid2nc.py satu per satu. Sekian.

referensi:
https://unix.stackexchange.com/questions/86722/how-do-i-loop-through-only-directories-in-bash, di akses pada 26 Februari 2018

Komentar