Cara Membaca File Grib Menggunakan GrADS


Software GrADS biasanya digunakan untuk membaca file berekstensi *.dat (untuk sekarang saya belum tahu format data apa pada file ini) dan *.nc (format NetCDF). Khusus untuk file .dat, harus ada file pendamping yang berekstensi .ctl yang mana pada saat membuka file *.dat tersebut di GrADS, nama file *.ctl itulah yang harus dipanggil (menggunakan perintah open), bukan file *.dat nya. Sementara untuk file *.nc tidak memerlukan file *.ctl. File *.nc bisa langsung di buka menggunakan perintah sdfopen.

Grib adalah salah satu format penyimpanan data yang biasanya digunakan untuk menyimpan data-data meteorolgi baik itu data analisis, re-analisis, maupun forecast. Tujuannya sama seperti NetCDF hanya saja Grib lebih baik dalam menkompres data yang disimpan sehingga lebih hemat memori penyimpanan dibandingkan NetCDF. Untuk membaca format data ini menggunakan GrADS, tidak semudah membaca data NetCDF maupun *.dat. Kita harus mengenerate file *.ctl dan *.idx untuk membantu GrADS dalam membaca format data ini.

Untuk mengenerate 2 file tersebut, kita butuh script grib2ctl (klik di sini untuk download) untuk file grib versi 1 (grib) dan g2ctl (klik di sini untuk download) untuk grib versi 2 (grib2) dan gribmap. Untuk gribmap, jika sudah menginstall GrADS pada Ubuntu (menggunakan sudo apt install grads), harusnya software ini sudah otomatis ada.

Untuk menggunakan grib2ctl (membaca file grib versi 1) kita harus mempunyai software wgrib. Di Ubuntu, untuk menginstallnya sangat mudah yaitu cukup dengan.

Akan tetapi untuk membaca file grib2 yang notabenya merupakan format yang paling terbaru dan paling banyak digunakna untuk data-data terbaru sekarang kita memerlukan software wgrib2 (klik di sini untuk download). Pada percobaan kali ini, file yang akan coba kita baca adalah file grib2. Sayang sekali wgrib2 tidak tersedia pada repository apt Ubuntu. Untuk itu kita harus mendownload software ini terlebih dahulu.

File yang wgrib2 yang telah didownload tersebut ada dalam bentuk *.tgz yang berarti ini adalah compressed file. Langkah-langkah menginstall file wgrib2 yang telah kita download ini adalah sebagai berikut:
  1. Ekstrak file tersebut (klik kanan > extract here atau ketika perintah tar -xzvf wgrib2.tgz di terminal) di folder home anda (sebenarnya bisa di ekstrak di mana saja, kita lakukan ini untuk keseragaman saja). Pastikan pada saat mengesktrak, tidak ada folder lain yang bernama grib2. Jika ada, hapus folder itu terlebih dahulu.
  2. Masuk ke folder grib2 (hasil ekstrak file wgrib2 kita) menggunakan terminal (cd grib2).
  3. Ketikkan perintah berikut di terminal.
  4. Proses instalasi sudah selesai. Agar bisa menggunakan software wgrib2 di folder manapun kita berada (dan juga untuk keperluan kita di postingan ini), direktori tempat wgrib2 berada harus kita include ke variabel PATH kita. Untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan perintah berikut ini.

Penginstallan wgrib2 selesai, saatnya generate file *.ctl dan *.idx. Cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke folder tempat file grib2 yang ingin dibaca berada.
  2. Masukkan perintah berikut ini (asumsi nama file grib2 yang ingin dibaca adalah sampel.grib2).
Dan voila, sekarang kita membuka file grib2 kita di GrADS. Cara membukanya yaitu dengan memanggil nama file *.ctl yang sudah kita generate tadi.

Dan sekian tutorial singkat tentang cara membaca file grib menggunakan GrADS. Untuk melihat variabel apa saja pada file grib tersebut, gunakan perintah q file.  Tips pertama, saat ingin generate file *.ctl dan *.idx tapi pada saat kita selesai menginstall wgrib2 sebelumnya kita mengganti terminal, masukkan perintah source ~/.basrhc terlebih dahulu, baru mulai mengenerate menggunakan grib2ctl/g2ctl dan gribmap. Lalu tips terakhir, ketika menemukan error permission denied saat menggunakan script g2ctl, solusinya adalah change permission dari file g2ctl tersebut dengan perintah berikut ini.

ps: ya ya ya, linux user berpengalaman yang melihat perintah terminalku di atas pasti akan cringe, but i dont care ;). Kalian pasti menggunakan permission yang lebih tepat daripada ini.

referensi:
http://cola.gmu.edu/grads/gadoc/grib.html, diakses pada 2 April 2018
http://www.cpc.ncep.noaa.gov/products/wesley/wgrib2/compile_questions.html, diakses pada 2 April 2018

Komentar