Plotting Evolusi Variabel ѡ WRF Menggunakan Python

Sama seperti sampul depan postingan ini, ѡ adalah kecepatan angin arah vertikal dalam sistem koordinat tekanan. Berbeda dengan W yang variabelnya sudah tersedia pada keluaran WRF, omega harus kita cari sendiri menggunakan persamaan diagnosis. Di sini kita tidak akan membahas persamaan diagnosis untuk mencari nilai ѡ, tapi kita akan langsung mengeplot evolusi dari ѡ pada suatu titik.

Script untuk melakukan keperluan kita adalah dibawah ini.
Jika tidak kelihatan bisa klik di sini.

Contoh keluaran plot dari script tersebut adalah seperti ini.

Terlihat ada aktivitas updraft kuat antara timestep ke 18 dan 20 di lapisan bawah.

Pengaturan file WRFout yang ini diplot, titik mana, dan timestep berapa sampai berapa yang di ambil untuk diplot bisa di atur pada baris setelah comment #setting. Jika ingin memperhalus hasil plot, bisa dengan menambah level kontur pada plot di baris 62.

Script ini memakai eta level dan WRF juga aslinya memakai eta level. Hanya eta level yang nilainya tidak akan berubah untuk tiap titik horizontal yang ditinjau. Ini karena perhitungan eta level bergantung pada tekanan pada lapisan terbawah dan lapisan teratas yang mana setiap titik nilai tekanan lapisan terbawah pasti berbeda-beda. Secara otomatis nilai tekanan pada eta level misal 0.5 pada titik a akan berbeda dengan titik b walaupun sama-sama memiliki nilai eta level 0.5

Eta level menurut AMS glossary

Jika memakai definisi pada persamaan di atas, maka eta level untuk lapisan terbawah adalah 1 dan lapisan teratas adalah 0. Itulah mengapa pada script yang kita gunakan, sumbu y dibalik pada baris 64. Sekian.

referensi:
http://www.zamg.ac.at/docu/Manual/SatManu/main.htm?/docu/Manual/SatManu/Basic/Parameters/Omega.htm, diakses pada 27 Juli 2018
http://glossary.ametsoc.org/wiki/Eta_vertical_coordinate, diakses pada 28 Juli 2018

Komentar