Share: Plotting wrfout Hujan per Jam dengan Python


Jadi ada tugas lagi dan saya harus buat scriptnya. Kali ini saya harus plotting curah hujan per jam. Lazimnya untuk melakukan ini orang-orang (di kampus saya) menggunakan GrADS. Jadi setelah selesai running wrf.exe, langkah selanjutnya yang biasanya dilakukan adalah running ARWpost.exe yang kemudian menghasilkan sepasang file *.dat dan *.ctl yang kemudian bisa di akses menggunakan GrADS dengan open data *.ctl tadi.

Di sini saya hanya menggunakan python untuk mengolah keluaran dari wrf.exe yaitu wrfout karena sesungguhnya file wrfout itu berformat netcdf, jadi dengan library netCDF4 python kita bisa mudah mengolah atau memanipulasinya.

Untuk mencari curah hujan kita menambahkan variabel RAINC dan RAINNC yang mana 2 variabel itu tersaji dalam bentuk matriks 3 dimensi (time, latitude, longitude). Selain itu, uniknya pada matriks ini, curah hujan pada jam sebelumnya akan di total dengan jam selanjutnya lalu di total lagi dengan 2 jam selanjutnya begitu seterusnya sampai time step paling akhir yang merupakan total curah hujan atau precipitasi pada data wrfout.

Sehingga untuk mencari curah hujan dalam 1 jam, misal pada data wrfout yang dijadikan input memiliki timestep 1 jam, rumusnya adalah
RAINC[1] + RAINNC[1] - RAINC[0] - RAINNC[0]
Dengan pengetahuan ini, kita bisa membuat script python untuk mengekstrak data hujan perjam seperti di bawah ini

Jika tidak kelihatan bisa di download di sini.

Pada script yang diberikan ada komentar-komentar juga yang mungkin bisa membantu memahami cara kerja scriptnya. Cara kerjanya tidak dijelaskan karena cukup sederhana.







Sekian.

referensi:
https://www.researchgate.net/post/How_to_calculate_daily_precipitation_from_WRF_output, diakses pada 21 Oktober 2017

Komentar