Membuat Diagram Taylor dengan Python


Apa itu diagram Taylor? Diagram Taylor adalah diagram Three in one. Jadi dalam 1 diagram ini mengandung 3 informasi penting soal kualitas data (entah prediksi atau semacamnya) terhadap data truthnya. Tiga informasi itu adalah: Koefisien korelasi, RMSE, dan standar deviasi.

Jadi bagaimana caranya plot diagram ini di python? Berikut step by stepnya

Install Library yang diperlukan

Kita akan butuh beberapa library, yaitu:

Skillmetrics
xlsxwriter

Caranya menginstallnya sangat mudah, yaitu

sudo -H pip install SkillMetrics
sudo -H pip install xlsxwiter

Buat Script dan Jalankan

Berikut script python sederhana untuk plot output curah hujan dari 2 model.



Penjelasan

I will keep this simple as possible, karena script di tutorial website officialnya menurut saya pribadi bikin bingung karena input yang di inginkan dari function untuk plot diagram ini jadi tidak jelas.

Jadi untuk memplot diagram taylor menggunakan library skillmetrics hanya butuh vector nilai prediksi dari model dan vector data nilai referensi (ground truth).

Pertama vector-vector tersebut di proses dulu untuk mencari nilai RMSE, koefisien korelasi, dan standar deviasi menggunakan function di baris 13 dan 14. Lalu setelah itu, 3 nilai tadi dikumpulkan dalam 1 vector untuk masing-masing kategorinya seperti pada baris 17, 18, dan 19. Lalu setelah itu diplot menggunakan function di baris 23. Dan voila, diagram yang seperti header pada postingan ini akan muncu. Sangat sederhana.

Penutup

Dari script peraga yang simpel ini, diharapkan pembaca menjadi cepat mengerti prinsip untuk memplot diagram taylor pada python menggunakan library ini. Sekian.

referensi:
https://github.com/PeterRochford/SkillMetrics/wiki, diakses pada 1 Desember 2017
https://climatedataguide.ucar.edu/climate-data-tools-and-analysis/taylor-diagrams, diakses pada 1 Desember 2017

Komentar