Script Konversi pgm (Dari Kochi University) ke NetCDF


Singkat cerita, saya dan temanku ada project yang cukup melelahkan karena harus mengolah data IR bertahun-tahun yang di ambil dari universitas kochi. Jadi, data pada website tersebut terbagi 2, yaitu data pgm dan koreksinya. Data pgm bisa kita anggap sebagai matriks 2 dimensi yang range nilainya 0 - 255. Sementara itu data koreksi memberikan nilai suhu IR dari range nilai data pgm pasangannya sehingga didapatkanlah data matriks suhu IR 2 dimensi.

Jadi pada saat itu kami memerlukan data ini dalam bentuk format netcdf, sehingga memerlukan suatu jalan pendek (baca: script) untuk menyelesaikan urusan ini.

Tak perlu berlama-lama lagi berikut script yang kami gunakan untuk konversi tersebut

Jika tidak kelihatan, bisa klik di sini untuk mendownload script tersebut.

Library eksternal yang dibutuhkan untuk menjalankan script ini adalah
- gdal
- numpy

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan script ini adalah:
1. Taruh script ini sesuai dengan alamat yang ditunjukkan pada variabel 'direktori' pada script ini (silahkan ubah variabel 'direktori' sesuai dengan direktori yang berisi seluruh file pgm beserta pasangan data koreksinya yang ingin di konversi).
2. Pastikan file pgm dan koreksinya sudah benar pasangannya masing-masing pada direktori tersebut karena script ini tidak mengecek kecocokan nama pgm dan pasangan file koreksinya untuk validasi (merepotkan bikinnya soalnya, kasus kemaren butuh solusi cepat :p ).
3. Pastikan jumlah file pgm + koreksinya + script ini di direktori itu jumlahnya ganjil (file pgm + koreksinya = genap, tambah 1 file script = ganjil).

Sekian.

Komentar